Parka Outerwear

16:25

Jaket parka adalah jaket yang digunakan sebagai penghangat tubuh bagi para pemburu yang ada di Kutub Utara. Jaket yang dahulunya terbuat dari kulit binatang karibu. Karibu sendiri adalah binatang yang hampir sama dengan rusa. Kulit binatang Karibu digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan jaket ini karena binatang ini memiliki kulit yang tebal serta dapat menghangatkan tubuh para pemburu. Dan lebih uniknya pada bagian luar jaket ini dilapisi minyak ikan yang dapat berfungsi untuk melindungi jaket agar dapat tahan terhadap air.

Jaket parka saat ini mulai booming kembali di kalangan para remaja masa kini. Sebenarnya apa itu jaket parka? Jaket Parka adalah jaket yang digunakan para tentara Amerika pada tahun 1950-an yang berfungsi untuk melindungi tubuh mereka dari cuaca dingin. Dan lebih dikhususkan bagi para tentara yang bertugas di penerbangan karena cuaca di Amerika yang sangat ekstrim dapat berada di suhu -50 ° C sehingga pada saat itu para tentara mendesain jaket yang tebal agar dapat melindungi tubuh mereka yang berada di suhu ekstrem tersebut. Pada saat digunakan untuk keperluan militer pada saat itu menggunakan material sutra nilon yang memang sudah terbukti dapat menghangatkan tubuh walaupun di suhu yang benar-benar tidak bersahabat.
APA ITU JAKET PARKA?
Dan pada tahun 1970-an awal para tentara Amerika masih menggunakan jaket parka ini namun pengertiannya sedikit berubah. Jaket Parka adalah jaket yang terbuat dari poliester. Mengapa diganti poliester? Karena poliester juga dapat menghangatkan tubuh para tentara tersebut. Selain itu lebih ringan bila dibandingkan dengan bahan sutra sehingga ini menjadikan jaket ini menjadi lebih praktis. Keunggulan satu lagi dari jaket parka ini adalah bagian terluarnya pun telah diganti menjadi campuran nilon sehingga jaket tersebut menjadi lebih enak dilihat. Salah satu alasan para tentara memilih jaket ini karena jaket ini bila dihitung merupakan jaket dengan harga yang murah dan berbanding terbalik dengan fungsinya sangat bermanfaat bagi para tentara disaat cuaca ekstrim.
Namun seiring berjalannya waktu pada tahun 1970 hingga 1980 pengertian jaket parka pun berubah lagi. Jaket Parka adalah yang digunakan para murid sekolah di Inggris karena selain fungsinya masih untuk menghangatkan tetapi juga murah sehingga hampir semua murid sekolah mempunyai jaket ini. Di tahun ini pula parka mencapai masa kejayaan di Inggris karena banyaknya para pengguna parka. Namun sayangnya pada akhir 80-an popularitas jaket ini meredup karena anggapan bahwa yang memakai jaket ini tergolong anak kutu buku dan sering menjadi bahan bullying diantara teman-teman mereka.
Namun meredupnya popularitas jaket ini tidak berlangsung lama karena pada tahun 2000-an jaket ini booming kembali setelah dipakai oleh para selebritis dunia dan menjadi trend mode hingga saat ini. Pada saat ini pengertian Jaket Parka adalah jaket tebal yang sering digunakan dicuaca dingin. Namun karena Indonesia merupakan negara tropis maka bahan yang digunakan pun menjadi bahan taslan ataupun lainnya. Dan fungsinya pun biasanya di Indonesia hanya untuk menunjang penampilan para remaja. Dan adapun yang membeli jaket parka dengan fungsi sebagai jas hujan yang dapat menahan air biasanya harga yang ditawarkan pun bisa 2 bahkan 3 kali lipat harga parka biasa.

Nah, kenapa sih parka tuh jadi must-have fashion itemCheck this out!

1. It fits in any weather - Seiring perkembangan zaman, tentunya para fashion designer memodifikasi bahan-bahan untuk membuat parka, dan sekarang kalau kita jumpai di store-store branded di mall, parka yang mereka jual kebanyakan berbahan cotton dicampur dengan polyesterlyocellfull cotton atau full polyester. Nah, beberapa bahan-bahan ini pas banget dipake buat di Indonesia, yang cuacanya tergolong lagi labil-labilnya, pakai parka untuk sehari-hari juga boleh. Tapi kalau panas banget, jangan paksain pake, ya. Nanti kepanasan. Hehe. Yah, pakai parka pas rainy days atau warm and windy days juga pas banget dipake, kok. Kalaupun kehujanan juga, pakai parka udah paling nyaman deh. Tapi tetep, yah, sedia payung sebelum hujan, guys.

2. Model nya yang bervariasi - Dengan bermacam-macam model parka, pastinya bisa bikin kita nyesuain nih sama model baju yang kita pakai sehari-hari. Mulai dari parka yang simple, parka yang ada hoodie nya, hingga parka yang emang di hoodie nya dilapisi sama bulu. Bisa banget menuhin kebutuhan style kamu.

3. Kalau punya ini, lo gaya. - Ini sih, biasanya yang tersirat kalau pertama punya parka.. Sebagian orang sih, hahaha. Yah, menurut gue punya parka tuh gaya, loh. Soalnya, dengan punya parka, lo tuh anaknya ootd banget, adventurer banget yah pokoknya yang 'anak nya tuh ...... banget' deh. Selain itu, parka termasuk item yang mahal menurut gue. Karena kalau kalian liat-liat di toko branded gitu harga parka bisa nyampe 1,000k IDR. Convert sendiri gih, segitu tuh berapa. Sebagai alternatif nya biar tetep gaya, kalau kamu anaknya Instagram banget, kalau rajin ngesearch mah, bisa nemu tuh yang jualan parka murah yang berkisar antara 200-300k IDR juga ada. Atau kalau mau parka yang anti-mainstream model nya dan jarang ada di store-store lain, bisa juga thrift-shopping alias belanja barang secondhand di flea market gitu. Pengalaman gue, gue pernah hunting parka sampai bisa dapet 5 parka dan satu parka cuma berkisar 50k aja! Cobain, deh. Tapi itu sih balik lagi ke minat kalian, kalau yang mau murah, thrift-shopping bisa jadi alternatif buat dapet parka. Jangan lupa aja, kalau sebelum pake, lebih baik laundry dulu.

4. You can mix and match, whatever you want! - Ini nih, asiknya punya parka. Bisa di mix and match buat pakaian sehari-hari. Jadi, jangan takut kalau cuma punya satu parka, because parka will rock your style everyday! Nih, liat deh gambar-gambar berikut ini, bisa jadi inspirasi style kamu kalau mau hang outatau ngampus. Check it out!



You Might Also Like

0 comments